Ada Air di Mars

GambarIlmuwan NASA mengumumkan ada air di planet Mars. Bukti kuat ini didapat melalui dua wahana robotiknya yang menjelajahi planet Mars. Spirit dan Opportunity dua robot nasa yang melakukan eksplorasi di Mars. Kedua robot nasa ini di daratkan dengan pesawat antariksa Phoenix sejak bulan Januari lalu.

 

Spirit adalah rover beroda enam yang didaratkan di Gusev Crater, kawah luas yang diduga bekas danau purba. Sementara kembarannya, Opportunity, mendarat di Meridiani Planum, dataran yang mengandung mineral hematit kelabu dalam jumlah banyak. Mineral ini, di Bumi, pembentukannya terkait dengan keberadaan air telah menemukan apa yang mereka cari selama ini, yakni bukti kuat bahwa planet merah itu dahulu dialiri air dalam bentuk cair.

 

“Kami menemukan air,” ilmuwan William Boynton dari Universitas Arizona mengatakan dalam satu pernyataan NASA.
“Kami telah melihat bukti pada es air ini sebelum penelitian oleh pengorbit Mars Odyssey dan dalam sejumlah bongkahan yang menghilang yang diamati oleh Phoenix bulan lalu, tapi inilah pertama kali air Mars pernah disentuh dan dirasakan.”

Sebelumnya, para pejabat NASA menyatakan misi Phoenix telah diperpanjang sampai akhir September, perpanjangan yang mengisyaratkan kemajuannya sebegitu jauh “amat berhasil”.
Michael Meyer, kepala ilmuwan Program Eksplorasi Mars NASA.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s